Menentukan Poin-Poin Pendahuluan Penulisan Artikel Ilmiah Karya Seni

 

Poin-Poin Pendahuluan Penulisan Artikel Ilmiah Karya Seni



The Garden of Self-Love by Silvie Mahdal (2021)


Pendahuluan

Pengaruh situasi pandemi yang mempengaruhi kesehatan mental banyak orang membuat para seniman terutama Silvie Mahdal untuk mulai terjun memotret dunia lain, semacam pelarian dari kesibukan dunia. Silvie Mahdal adalah seorang seniman pensil yang tinggal di Praha. Ia lahir pada tahun 1990 di Zlin, Republik Ceko. Selama studi doktoralnya di bidang hukum, dia kembali pada hobinya yaitu menggambar sebagai minat terbesar sejak masa kecilnya. Dia memutuskan untuk mengikuti kata hatinya dan membangun kembali impian lamanya untuk menjadi seorang seniman. 

Apa itu seni lukis aliran realisme? Aliran realisme yaitu aliran yang menampilkan karya lukis apa adanya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari dan berusaha agar lukisan seperti nyatanya tanpa tambahan lain.Ciri-cirinya yaitu kebanyakan aliran realisme menampilkan tentang kehidupan sehari-hari, lukisan apa adanya, lukisan juga terlihat menyatu antara objek satu dengan objek lainnya. Lukisan juga terlihat menyatu antara objek satu dengan objek lainnya. 

Setiap manusia baiknya dapat mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri artinya menyayangi dan menerima kekurangan yang ada terhadap diri sendiri dengan memahami apa kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri. Dengan mencintai diri sendiri seseorang akan bisa lebih menerima kelebihan dan kekurangan pada dirinya dan lebih mudah untuk mengontrol emosi dalam menjalani kehidupan.

Gambar lukisan realisme  yang berjudul "The Garden of Self-Love" salah satu karya ter-favorite seorang seniman realisme dan surealisme bernama Silvie Mahdal yang telah habis terjual 100 piece berukuran 20 cm x 30 cm ini memberikan pesan tentang cinta akan diri sendiri yang digambarkan seperti taman bunga. Lukisan ini  tercipta hanya dengan menggunakan pensil grafit dan arang dengan sentuhan arsir halus, gelap terang dan alat gambar realisme lainnya yang sangat membutuhkan waktu, kesabaran dan ketelitian dalam pengerjaannya.


Point-point dari pendahuluan

  1. Definisi tentang seni

  2. Definisi tentang cinta diri

  3. Penjelasan tentang konsep cinta diri dan manfaatnya

  4. Biografi singkat tentang Silvie Mahdal dan lukisan “The Garden of Self-Love”

  5. Penjelasan bagaimana dan mengapa sebuah karya seni memiliki makna

  6. Penjelasan tentang semiotika versi Charles Sanders Peirce.


Rumusan Masalah

  1. Apa saja objek atau hal yang memiliki pesan mengenai cinta diri dalam lukisan ini?
  2. Apakah unsur-unsur tanda yang terdapat pada lukisan The Garden of Self-Love bermakna akan cinta diri yang dapat dibuktikan melalui teori semiotika Charles Sander Peirce?
  3. Bagaimana lukisan The Garden of Self-Love ini dapat mengantarkan konsep cinta diri?

Metode Penelitian
  1. Metode Kualitatif Deskriptif, yaitu penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif dari data sekunder.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisis Karya Desain NFT dengan Teori Mimesis dan Teori Significant Form

Mereview Jurnal-Jurnal Referensi Penulisan Artikel Ilmiah